Skip to main content

Tari Nusantara Yang Mudah Kamu Pelajari

Halo sahabat semua kali ini kita akan berbagi apa saja Tarian nusantara yang mudah dipelajari terutama buat kamu yang seneng banget sama tari tradisional. Banyak loh keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menari, selain sebagai hiburan, tari juga bisa dijadikan sebagai komunikasi, menyehatkan tubuh, memberi kepuasan, dan meningkatkan koordinasi.

Penasaran kan apa saja Tarian Tradisional Indonesia yang mudah dipelajari ? Yuk simak terus barangkali aja tari kesukaan mu bisa masuk daftar di bawah ini...

Daftar Tarian Tradisional Indonesia Yang Mudah Dipelajari

Tari Saman, Aceh

tari saman dari aceh

Siapa sih yang tidak kenal dengan Tari Saman ? Tari saman ini sudah sanat mendunia loh dan sering dijadikan sebagai icon Indonesia. Tari Saman merupakan salah satu tari yang masuk ke dalam kategori unik, kategori tari ini terletak pada gerakan penarinya yang kompak, harmonisasi lagu dan paduan suara yang mengiringinya. Seiring perkembangan zaman Tari Saman dimainkan oleh lebih dari 10 penari dan dipimpin oleh 2 orang syekh untuk mengatur irama gerakan sekaligus pemandu nyanyian, secara umum gerakan dalam tarian saman terdiri dari gerakan tepuk tangan, tepuk dada, gerak guncang, gerak kirep, gerak lingang dan gerakan surang-saring.

Tari Lenggang Nyai, Betawi

Tari Lenggang Nyai dari Betawi

Tari Lenggang Nyai merupakan salah satu kesenian tari masyarakat Betawi yang terinspirasi dari kisah hidup Nyai Dasimah. Tarian ini konon diambil dari sebuah cerita rakyat yang kaya akan pesan dan makna yang digambarkan melalui Tarian Lenggang Nyai. Gerakan dalam tarian ini juga menggambarkan karakter dan cerita dari Nyai Dasimah yang mencerminkan kelincahan, keceriaan dan keluwesan gadis Betawi. Ciri khas dari tarian ini yaitu para penari di balut dengan busana perpaduan antara Budaya Cina dan Betawi sehingga penuh dengan warna hijau terang dan merah terang.

Tari Sajojo, Papua

Kita terbang ke bagian timur Indonesia disana ada Tari Sajojo, Tari ini merupakan ciri khas dari masyarakat Papua dan bisa dimainkan oleh siapa saja baik itu pria, wanita, tua maupun muda. Para penari biasanya memakai busana tradisional yang terbuat dari akar ataupun daun, namun karena sekarang sudah modern dikreasikan lagi dengan kain agar terlihat lebih menarik tak lupa juga dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris penutup kepala, kalung dan lukisan tubuh bercorak etnis papua. Gerakan nya pun sangat khas dan enerjik sehingga menggambarkan keceriaan para penari dan sering di dominasi oleh gerakan kaki dan tangan sesuai ritme dan irama lagu.

Tari Poco-poco, Maluku

Tarian ini berasal dari daerah Maluku dan populer sejak tahun 2000-an. Pada awalnya tari poco-poco ini hanya dikenal oleh lingkungan TNI dan POLRI saja namun ternyata tari poco-poco lebih di kenal lagi dan sekarang iringan musiknya pun mulai beragam. Yang membuat tari poco-poco ini unik yaitu gerakannya diambil dari berbagai daerah Indonesia. Oleh karena itu tarian ini memiliki 50 variasi gerakan seperti melempar lembing, melepas panah, dan masih banyak lagi.

Tari Tor-tor, Batak Sumatera Utara

Tari tor-tor batak adalah sekelompok orang batak yang menari dengan diiringi seperangkat alat musik tradisional dengan riang gembira, melenggak lenggok menoton. Tari tor-tor terdiri dari 3 jenis yaitu tor-tor pangurosan, sipitu cawan dan tunggal panaluan. Busana yang dipakai penari tor-tor yaitu harus memakai ulos (tenunan khas batak), gerakanya pun sangat sederhana yaitu gerakan tangan dan kaki yang terbatas dan hentarakan kaki bergerak mengikuti iringan dari magondangi.

Sebenarnya masih banyak lagi tarian yang mudah untuk dipelajari misalnya saja tari jaipong (jawa barat), tari pendet (bali), tari topeng dan tari merak dari jawa barat. Semoga dapat menambah minat dan cinta kita terhadap tarian tradisional sehingga eksistensi nya masih terus ada dan tidak punah. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu.

sumber : bersosial.com

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Jamur-jamur Penghasil Antibiotik

Sejak lama jamur dikenal sebagai sumber awal penghasil antibiotik alami. Makin hari penelitian terus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Antibiotoik seperti penisilin, streptomisin, dan kloramfenikol sekarang sudah lazim terdengar ditelinga kita, namun apakah kamu tahu antibiotik itu sebenarnya ? Karena hampir setiap berobat ke dokter atau rumah sakit pasti obat antibiotik ini selalu disertakan dalam deretan resep yang diberikan dokter. Dari sini mari kita coba telusuri asal mula dari obat antibiotik dan penemuannya. Pengertian Antibiotik Antibiotik adalah obat golongan senyawa baik alami atau sintetis yang dipakai untuk mencegah proses biokimia organisme terutama pada proses infeksi oleh bakteri, yang bisa diartikan menurut namanya yaitu obat untuk melawan suatu bentuk kehidupan penyebab penyakit (tumbuh kembangnya bakteri). berikut dibawah ini beberapa antibiotik yang sudah dipakai dalam dunia kedokteran : Antibiotik Penesilin kelompok antibiotika ß-laktam ya

Bingung? Tanya Veronika Asisten Virtual Dari Telkomsel

Popularitas asisten virtual chat melejit, kehadirannya diucap sanggup tingkatkan kecepatan layanan konsumen mendukung produktivitas serta membangun keakraban dengan pelanggan. Beberapa diantaranya seperti, veronika, Vira, Lenna, carik, siri, alexa, cortana dan google. Masa new normal telah di depan mata nih, teman tetesinfo. Waktunya mempersiapkan diri serta menyesuaikan diri dengan style hidup baru yang wajib diterapkan secara tertib dalam sebagian waktu ke depan. Salah satu yang sangat berarti merupakan mempraktikkan pola hidup bersih serta sehat yang berarti supaya kalian senantiasa beraktifitas serta bebas dari penyebaran virus. Kenapa Asisten Virtual Suara Perempuan ? Entah disadari atau tidak pengembang aplikasi online selalu "menjual" perempuan. Mengapa asisten virtual semacam pada Siri, Alexa, Google Assistant, ataupun Cortana, hingga Veronika dari Telkomsel, mengenakan suara wanita ya? Apakah mayoritas pengguna aplikasi merupakan lelaki? Biarpun menempuh gaya hidup

Proses Terjadinya Embun

Setitik air embun di atas daun-daun mungkin sudah sering kita melihat nya, bahkan sudah dijadikan hal yang lumrah terjadi di alam kita, namun tidak ada salahnya jika kita menggali lebih dalam penyebab serta proses dari terjadinya embun.   Selintas mungkin ada sebagian orang berpendapat bahwa embun sama dengan air hujan yang turun dari langit dan menempel pada tumbuhan yang selanjutnya kita sebut itu adalah embun, namun pada kenyataannya tidak seperti itu, untuk mengerti apakah itu embun sebenarnya, kita harus memahami dulu hal-hal yang berkaitan dengan udara di sekitar kita.