Skip to main content

Inilah Jamur-jamur Penghasil Antibiotik

Sejak lama jamur dikenal sebagai sumber awal penghasil antibiotik alami. Makin hari penelitian terus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik.
jamur penesilin


Antibiotoik seperti penisilin, streptomisin, dan kloramfenikol sekarang sudah lazim terdengar ditelinga kita, namun apakah kamu tahu antibiotik itu sebenarnya ? Karena hampir setiap berobat ke dokter atau rumah sakit pasti obat antibiotik ini selalu disertakan dalam deretan resep yang diberikan dokter. Dari sini mari kita coba telusuri asal mula dari obat antibiotik dan penemuannya.

Pengertian Antibiotik


Antibiotik adalah obat golongan senyawa baik alami atau sintetis yang dipakai untuk mencegah proses biokimia organisme terutama pada proses infeksi oleh bakteri, yang bisa diartikan menurut namanya yaitu obat untuk melawan suatu bentuk kehidupan penyebab penyakit (tumbuh kembangnya bakteri). berikut dibawah ini beberapa antibiotik yang sudah dipakai dalam dunia kedokteran :

Antibiotik Penesilin

kelompok antibiotika ß-laktam yang dihasilkan dari jamur atau spora penisilin untuk pengobatan infeksi oleh bakteri, biasanya berjenis Gram positif. Sebutan "penisilin" juga dapat digunakan untuk menyebut anggota spesifik dari kelompok penisilin, yang memiliki rumus molekul R-C9H11N2O4S dan rangka penam samping yang beragam. Pertama ditemukan oleh Sir Alexander Fleming pada tahun 1928, seorang ilmuan berkebangsaan skotlandia yang lahir pada tanggal 6 Agustus 1881 di kota lochfield. Fleming meninba ilmu di Louden Moor, Akademi Kilmarnock dan sekolah kedokteran Rumah Sakit St. Mary di London. penemuan penisilin berawal dari gagasan bahwa tubuh manusia mempunyai semacam enzim yang bisa membunuh dengan cepat bakteri tertentu, awal mula percobaan dilaboratorium menggunakan media piring yang berisi bakteri-bakteri Staphylococcus dengan enzim yang ada pada rongga hidung, dia melihat ada lingkaran spora yang menghambatan pertumbuhan bakteri di piringan kultur Staphylococcus. Alhasil ia  menyimpulkan bahwa adanya sebuah subtansi penghambat pertumbuhan dan mematikan bakteri. Ia kemudian membuat sebuah kultur murni yang mirip dengan lingkaran spora tersebut dan menemukan Penicillium yang kemudian dikenal sebagai Penicillium chrysogenum.

Penicillium notatum

Termasuk Jamur yang dapat menghasilkan zat antibiotik, tergolong dalam jamur kelompok ascomycota yang memiliki ciri jamur uniseluler dan membentuk tubuh buah askokarp dengan spora yaitu askospora. Antibiotik bekerja dalam tubuh dengan menghambat pertumbuhan bakteri patogen penyebab penyakit sehingga digunakan dalam bidang kedokteran sebagai salah satu alternatif medikasi atau pengobatan terhadap penyakit.

Antibiotik Streptomisin.

Streptomyces dikenal karena kemampuannya untuk mensintesis senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme lain, antibiotik ini sudah beredar dan digunakan di dunia medis, yang dihasilkan oleh jamur tanah streptomyces griseus. Ciri antibiotik ini mudah larut dalam air, tidak larut dalam alkohol, rasa agak pahit dan tidak  berbau. Digunakan sebagai obat antikanker, atau digunakan sebagai anti-parasit, dan penghasil beberapa enzim penting yang digunakan dalam dunia industri. Walaupun menguntungkan tetap dalam penggunaannya harus diawasi karena streptomisin dapat menimbulkan efek samping seperti ototoksisitas berupa kehilangan pendengaran terhadap frekuensi tinggi, tinitus, dan gangguan vestibuler, gangguan pada fungsi ginjal dan kemerahan pada kulit.

Antibiotik Kloramfenikol

Streptomyces venezuele, menghasilkan sebuah antibiotik yang yang bersifat bakteriostatik, dan pada dosis tinggi bersifat bakterisid. tujuan utama penggunaan ialah menyasar tumbuh kembang bakteri dengan cara menghambat sintesa protein dengan jalan mengikat ribosom subunit 50S, yang merupakan langkah penting dalam pembentukan ikatan peptida. efektifitas penggunaan Kloramfenikol untuk bakteri aerob gram-positif, termasuk Streptococcus pneumoniae, dan beberapa bakteri aerob gram-negatif,sehingga pemakaiannya bisa dikombinasi dengan penisilin.

kamus kecil :
Bakteri Gram Positif  memiliki dinding sel dengan lapisan peptidoglikan tebal, berwarna ungu jika diwarnai dengan pewarnaan gram. Contoh: Bacillus subtilis, Vibrio cholerae, Neisseria gonorrhoeae, Treponema pallidum.
Bakteri Gram Negatif  memiliki dinding sel dengan lapisan peptidoglikan tipis, berwarna merah atau merah. muda jika diwarnai dengan pewarnaan Gram. Contoh: Escherichia coli dan Streptococcus sp.
Kokus bakteri berbentuk bulat, monokokus, diplokokus, streptokokus, stafilokkus, sarkina
Basil  bakteri berbentuk batang, diplobasil, streptobasil
Spiral  bakteri berbentuk spiral, spirilum (spiral kasar), spiroketa (spiral halus).
Vibrio bakteri berbentuk koma.
 Atrich bakteri bergerak tidak menggunakan flagel / cambuk, contoh: E. Coli
Monotrich  bakteri memiliki 1 flagel / cambuk yang digunakan untu bergerak pada salah satu ujungnya, contoh: Vibrio cholera.
Lopotrich bakteri memiliki lebih dari 1 flagel pada salah satu ujungnya untuk begerak, contoh: Rhodospirillum rubrum
Ampitrich bakteri memiliki 1 atau lebih dari 1 flagel pada kedua ujungnya untuk bergerak, contoh: Pseudomonas aeruginosa
Peritrich bakteri yang memiliki flagel di seluruh permukaan tubuhnya untuk berger, contoh: Salmonella typhosa
Bakteri Aerob bakteri yang memerlukan O2 bebas, contoh: Nitrosomonas, Nitrosococcus
Bakteri Anerob bakteri yang tidak memerlukan O2, contoh; Genus Bacteriodes, phorpyromonas
Bakteri Anerob obligat bakteri yang hidup di tempat tanpa O2
Bakteri Aerotoleran bakteri yang tidak perlu O2 tapi bisa hidup di tempat yang mengandung O2
Bakteri Fakultatif bakteri yang menggunakan fermentasi untuk tumbuh di tempat tanpa O2 dan menggunakan respirasi saat ada di tempat mengandung O2

Masih banyak ulasan mengenai topik diatas yang mesti kita pelajari lagi, namun dengan catatan kecil ini semoga ada manfaatnya, setidaknya. Kita mengetahui apa dan mengapa menggunakan antibiotik serta bisa menjadi motivasi untuk lebih  menjaga kesehatan.

Comments

Popular posts from this blog

Bingung? Tanya Veronika Asisten Virtual Dari Telkomsel

Popularitas asisten virtual chat melejit, kehadirannya diucap sanggup tingkatkan kecepatan layanan konsumen mendukung produktivitas serta membangun keakraban dengan pelanggan. Beberapa diantaranya seperti, veronika, Vira, Lenna, carik, siri, alexa, cortana dan google. Masa new normal telah di depan mata nih, teman tetesinfo. Waktunya mempersiapkan diri serta menyesuaikan diri dengan style hidup baru yang wajib diterapkan secara tertib dalam sebagian waktu ke depan. Salah satu yang sangat berarti merupakan mempraktikkan pola hidup bersih serta sehat yang berarti supaya kalian senantiasa beraktifitas serta bebas dari penyebaran virus. Kenapa Asisten Virtual Suara Perempuan ? Entah disadari atau tidak pengembang aplikasi online selalu "menjual" perempuan. Mengapa asisten virtual semacam pada Siri, Alexa, Google Assistant, ataupun Cortana, hingga Veronika dari Telkomsel, mengenakan suara wanita ya? Apakah mayoritas pengguna aplikasi merupakan lelaki? Biarpun menempuh gaya hidup

Proses Terjadinya Embun

Setitik air embun di atas daun-daun mungkin sudah sering kita melihat nya, bahkan sudah dijadikan hal yang lumrah terjadi di alam kita, namun tidak ada salahnya jika kita menggali lebih dalam penyebab serta proses dari terjadinya embun.   Selintas mungkin ada sebagian orang berpendapat bahwa embun sama dengan air hujan yang turun dari langit dan menempel pada tumbuhan yang selanjutnya kita sebut itu adalah embun, namun pada kenyataannya tidak seperti itu, untuk mengerti apakah itu embun sebenarnya, kita harus memahami dulu hal-hal yang berkaitan dengan udara di sekitar kita.