Skip to main content

Mineral Radium Yang Mengandung Radio Aktif

Kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang bahan tambang mineral yang mengandung radioaktivitas tinggi & salah satunya mineral alam yang mengandung radio aktif  ialah radium.

Radium adalah suatu unsur kimia mineral alam yang di beri simbol Ra dan nomor atom 88 dari tabel periodik, dan mempunyai tingkat radioaktivitas yang tinggi. Radium mula-mula ditemukan oleh Madame Curie bersama suaminya Pieere Curie pada saat melakukan penyulingan bahan mineral berwarna hitam yang mengandung oksida uranium, karena menyadari uranium bisa memancarkan sinar radio aktif yang tidak kelihatan sehingga mereka berpikir pasti ada suatu zat lain yang lebih bertenaga di dalamnya, setelah mengurai mineral tersebut yang pertama kali ditemukan yaitu polinium suatu unsur radio aktif  lain dan akhirnya mereka berhasil memisahkan senoktah kecil zat radium.


Peluruhan radioaktif adalah kumpulan beragam proses di mana sebuah inti atom yang tidak stabil pecah atau memancarkan partikel subatomik (partikel radiasi) seperti sinar, dimana apabila salah satu jenis sinar ini dipancarkan maka atom induk asal sinar ini akan berubah dari satu unsur ke unsur lain yang disebut "transmutasi" atom, partikel radiasi sinar yang dipancarkan oleh radium ada tiga jenis sinar yaitu :
  1. Sinar Alfa  merupakan partikel gas helium yang bergerak cepat. Partikel tersebut terdiri dari dua buah proton dan dua buah neutron yang terikat menjadi sebuah partikel yang identik dengan nukleus helium, dan karenanya dapat ditulis juga sebagai He2+.
  2. Sinar Beta hasil dari  partikel elektron atau positron yang di pancarkan oleh inti atom yang berkecepatan tinggi pada saat terjadi nukleus radio aktif.
  3. Sinar Gama ialah sinar yang sejenis dengan sinar rontgen yang mempunyai daya tembus yang lebih besar, merupakan sebuah bentuk energi elektromagnetik yang dihasilkan oleh radio aktivitas atau peluruhan elektron-positron suatu atom. 

Efek Samping, Bahaya Radium Bagi Manusia

Setiap orang punya reaksi berbeda terhadap sebuah zat. Begitupun dengan radium yang memiliki beberapa efek samping / bahaya yang bakal terjadi jika terkontaminasi radium sebagai berikut :
  • Kotoran jadi berwarna hitam atau bahkan mengandung darah.
  • Sariawan, sakit tenggorokan dan gusi berdarah.
  • Rasa lelah yang tidak wajar.
  • Bengkak wajah, lengan, tangan, tungkai, atau kaki.
  • Kesemutan pada tangan atau kaki.
  • Sesak dada.
  • Batuk.
  • Demam atau menggigil.
  • Sakit punggung bagian bawah atau samping.
  • Nyeri saat buang air kecil, dan terdapat darah pada urine.
  • Warni kulit menjadi pucat.
  • Muncul bintik merah pada kulit.
  • Berat badan bertambah dengan cepat.
  • Sesak napas.
Manfaat mineral radium ialah sebagai obat kanker prostat yang menyebar ke tulang, tapi ada sisi lain juga yang bisa membahayakan manusia, jadi pandai dan cermatlah kita sebagai manusia dalam mengelolanya.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Jamur-jamur Penghasil Antibiotik

Sejak lama jamur dikenal sebagai sumber awal penghasil antibiotik alami. Makin hari penelitian terus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Antibiotoik seperti penisilin, streptomisin, dan kloramfenikol sekarang sudah lazim terdengar ditelinga kita, namun apakah kamu tahu antibiotik itu sebenarnya ? Karena hampir setiap berobat ke dokter atau rumah sakit pasti obat antibiotik ini selalu disertakan dalam deretan resep yang diberikan dokter. Dari sini mari kita coba telusuri asal mula dari obat antibiotik dan penemuannya. Pengertian Antibiotik Antibiotik adalah obat golongan senyawa baik alami atau sintetis yang dipakai untuk mencegah proses biokimia organisme terutama pada proses infeksi oleh bakteri, yang bisa diartikan menurut namanya yaitu obat untuk melawan suatu bentuk kehidupan penyebab penyakit (tumbuh kembangnya bakteri). berikut dibawah ini beberapa antibiotik yang sudah dipakai dalam dunia kedokteran : Antibiotik Penesilin kelompok antibiotika ß-laktam ya

Bingung? Tanya Veronika Asisten Virtual Dari Telkomsel

Popularitas asisten virtual chat melejit, kehadirannya diucap sanggup tingkatkan kecepatan layanan konsumen mendukung produktivitas serta membangun keakraban dengan pelanggan. Beberapa diantaranya seperti, veronika, Vira, Lenna, carik, siri, alexa, cortana dan google. Masa new normal telah di depan mata nih, teman tetesinfo. Waktunya mempersiapkan diri serta menyesuaikan diri dengan style hidup baru yang wajib diterapkan secara tertib dalam sebagian waktu ke depan. Salah satu yang sangat berarti merupakan mempraktikkan pola hidup bersih serta sehat yang berarti supaya kalian senantiasa beraktifitas serta bebas dari penyebaran virus. Kenapa Asisten Virtual Suara Perempuan ? Entah disadari atau tidak pengembang aplikasi online selalu "menjual" perempuan. Mengapa asisten virtual semacam pada Siri, Alexa, Google Assistant, ataupun Cortana, hingga Veronika dari Telkomsel, mengenakan suara wanita ya? Apakah mayoritas pengguna aplikasi merupakan lelaki? Biarpun menempuh gaya hidup

Proses Terjadinya Embun

Setitik air embun di atas daun-daun mungkin sudah sering kita melihat nya, bahkan sudah dijadikan hal yang lumrah terjadi di alam kita, namun tidak ada salahnya jika kita menggali lebih dalam penyebab serta proses dari terjadinya embun.   Selintas mungkin ada sebagian orang berpendapat bahwa embun sama dengan air hujan yang turun dari langit dan menempel pada tumbuhan yang selanjutnya kita sebut itu adalah embun, namun pada kenyataannya tidak seperti itu, untuk mengerti apakah itu embun sebenarnya, kita harus memahami dulu hal-hal yang berkaitan dengan udara di sekitar kita.