Skip to main content

Ragam Manfaat Bambu Ampel, Untuk Bangunan Sampai Makanan

Bambu Ampel ( Bambusa Vulgaris )
Bambu yang banyak tersebar di asia tenggara berukuran tinggi rata-rata 10-20 meter dan berdiameter 4-10 cm ini biasanya kita temukan di pinggir sungai pedesaan. Bambu ampel bisa beregenerasi atau di budidayakan dengan cara stek rhizoma, stek rumpun / cabang dan cangkok, biasanya digunakan masyarakat untuk bahan bangunan, pagar, kontruksi jembatan, peralatan rumah tangga hingga makanan olahan.

Apasih Bambu Ampel Itu

Yang pasti tanaman bambu ini tergolong lemah ketika terkena serangan hama seperti kumbang bubuk.

Nama Lain Bambu Ampel di Indonesia

  • awi ampel
  • awi haur
  • awi haur geulis
  • awi haur koneng
  • pring ampel
  • pring ampel kuning
  • pring gading
  • ajang ampel
  • jajang gadhing
  • pĕrréng ampél
  • pĕrréng ghadhing
  • tiying ampel
  • tiying hampyal
  • tiying puling
  • tĕréng dèndèng

Guna & Manfaat Bambu Ampel 

Sudah disebutkan beberapa, berikut kegunaan atau aplikasi dari bambu ampel :
  • bahan bangunan
  • bahan baku kertas
  • makanan olahan
  • sisir tradisional
  • koteka
Pada kesempatan ini kita tidak akan membuat pagar dari bambu atau masakan rebung dari tunas bambu ampel, melainkan memanfaatkan salah satu jenis bambu di indonesia ini untuk membantu fermentasi yoghurt, dikarenakan buluh pada bambu ampel ini mengandung asam laktat dimana zat ini merupakan unsur utama dalam proses fermentasi susu atau bahan lainnya menjadi yoghurt, asam laktat yang terkandung pada buluh bambu ampel mempunyai kualitas yang bagus sehingga yoghurt yang dihasilkan sangat baik dengan indek kandungan protein dan glukosa dibawah SNI, untuk proses pembuatan yoghurt sama saja seperti biasa, yang membedakan hanya media fermentasi yang terbuat dari bambu ampel yang dipotong sesuai ukuran misalnya 15cm dan ditutup plastik, kelebihan lain yaitu lebih aman dari serangan semut dikarenakan daging bambu yang memiliki rasa pahit. Sebaiknya gunakan batang bambu yang berusia muda ke arah tua.

Tujuan memanfaatkan potongan bambu bukan sekedar inovasi bentuk melainkan kualitas yoghurt sehingga para pengusaha bisa lebih meningkatkan daya saing dari mulai rasa dan kandungan gizi yang baik dari yoghurt, karena umumnya yoghurt memiliki kandungan kolesterol yang terbilang tinggi sedangkan bila dibantu fermentasi sepotong ampel kolesterol menjadi rendah dan sangat lemah.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Jamur-jamur Penghasil Antibiotik

Sejak lama jamur dikenal sebagai sumber awal penghasil antibiotik alami. Makin hari penelitian terus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Antibiotoik seperti penisilin, streptomisin, dan kloramfenikol sekarang sudah lazim terdengar ditelinga kita, namun apakah kamu tahu antibiotik itu sebenarnya ? Karena hampir setiap berobat ke dokter atau rumah sakit pasti obat antibiotik ini selalu disertakan dalam deretan resep yang diberikan dokter. Dari sini mari kita coba telusuri asal mula dari obat antibiotik dan penemuannya. Pengertian Antibiotik Antibiotik adalah obat golongan senyawa baik alami atau sintetis yang dipakai untuk mencegah proses biokimia organisme terutama pada proses infeksi oleh bakteri, yang bisa diartikan menurut namanya yaitu obat untuk melawan suatu bentuk kehidupan penyebab penyakit (tumbuh kembangnya bakteri). berikut dibawah ini beberapa antibiotik yang sudah dipakai dalam dunia kedokteran : Antibiotik Penesilin kelompok antibiotika ß-laktam ya

Bingung? Tanya Veronika Asisten Virtual Dari Telkomsel

Popularitas asisten virtual chat melejit, kehadirannya diucap sanggup tingkatkan kecepatan layanan konsumen mendukung produktivitas serta membangun keakraban dengan pelanggan. Beberapa diantaranya seperti, veronika, Vira, Lenna, carik, siri, alexa, cortana dan google. Masa new normal telah di depan mata nih, teman tetesinfo. Waktunya mempersiapkan diri serta menyesuaikan diri dengan style hidup baru yang wajib diterapkan secara tertib dalam sebagian waktu ke depan. Salah satu yang sangat berarti merupakan mempraktikkan pola hidup bersih serta sehat yang berarti supaya kalian senantiasa beraktifitas serta bebas dari penyebaran virus. Kenapa Asisten Virtual Suara Perempuan ? Entah disadari atau tidak pengembang aplikasi online selalu "menjual" perempuan. Mengapa asisten virtual semacam pada Siri, Alexa, Google Assistant, ataupun Cortana, hingga Veronika dari Telkomsel, mengenakan suara wanita ya? Apakah mayoritas pengguna aplikasi merupakan lelaki? Biarpun menempuh gaya hidup

Proses Terjadinya Embun

Setitik air embun di atas daun-daun mungkin sudah sering kita melihat nya, bahkan sudah dijadikan hal yang lumrah terjadi di alam kita, namun tidak ada salahnya jika kita menggali lebih dalam penyebab serta proses dari terjadinya embun.   Selintas mungkin ada sebagian orang berpendapat bahwa embun sama dengan air hujan yang turun dari langit dan menempel pada tumbuhan yang selanjutnya kita sebut itu adalah embun, namun pada kenyataannya tidak seperti itu, untuk mengerti apakah itu embun sebenarnya, kita harus memahami dulu hal-hal yang berkaitan dengan udara di sekitar kita.