Skip to main content

Apakah Tenaga Atom, Fusi Dan Fissi..??

Sibuk para ilmuan untuk mencari suatu sumber tenaga baru yang lebih efisien dan menghasilkan sumber tenaga yang besar, tanpa harus mengeruk semua hasil alamnya untuk di jadikan sumber tenaga yang besar, dari sini mungkin kita sering dengar kata tenaga atom, fusi dan fissi.

Sejatinya sumber daya alam yang biasa kita pakai untuk sumber bahan bakar tenaga tidak bisa di perbaharui dan akan habis, dari sinilah para ilmuan berusaha untuk mencari sumber daya efisien dimana dengan material sedikit tapi menghasilkan sumber daya tenaga yang besar, akhirnya para ilmuan memilih untuk mengembangkan tenaga atom atau reaksi nuklir. Tenaga atom ialah tenaga yang diperoleh dari inti sari atom yang pada situasi jumlah atom tertentu berberturan akan terjadi perpisahan inti atom atau membentuk atom yang baru pada situasi inilah atom mengeluarkan tenaga berupa panas.


Untuk memperoleh tenaga yang dihasilkan dari atom pada dasarnya ada dua cara yaitu reaksi fusi dan reaksi fissi, yang dinamakan reaksi fusi adalah reaksi peleburan atau bergabungnya dua inti atom atau lebih dan membentuk satu atom tunggal, contoh reaksi fusi alami ialah reaksi fusi yang terjadi dalam bola matahari sehingga matahari menghasilkan panas dari tenaga atom. sedangkan reaksi fissi adalah terpisahnya atau terbelahnya inti atom menjadi bagian-bagian atom baru yang bermassa kecil. hal ini bisa terjadi dengan cara memanaskan atau membom inti atom dengan neutron yakni salah satu partikel yang membentuk atom itu sendiri, meskipun pada dasarnya kebanyakan atom tidak dapat dipisahkan namun atom dari (Uranium U-235) dan (Plutonium -239) dapat memecah diri pada kondisi tertentu. 

Salah satu bentuk uranium yang diberi label "U-235" yang dikenal dengan istilah isotop uranium akan terpecah jadi dua bagian atom apabila di bom dengan neutron dan menghasilkan tenaga lebih dari satu juta kali dari tenaga yang dikeluarkan oleh pembakaran satu pon batu bara, bisa di bayangkan hanya  dengan uranium sebesar kerikil sudah bisa menjalankan kapal tanker untuk mengarungi samudra, menghidupkan generator dan menerbangkan pesawat.
Dari uraian di atas semoga kita bisa tahu dan semakin bijak dalam penggunaan sumber daya alam serta pengelolaannya, sehingga membawa kebaikan untuk kelangsungan umat manusia di masa depan.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Jamur-jamur Penghasil Antibiotik

Sejak lama jamur dikenal sebagai sumber awal penghasil antibiotik alami. Makin hari penelitian terus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Antibiotoik seperti penisilin, streptomisin, dan kloramfenikol sekarang sudah lazim terdengar ditelinga kita, namun apakah kamu tahu antibiotik itu sebenarnya ? Karena hampir setiap berobat ke dokter atau rumah sakit pasti obat antibiotik ini selalu disertakan dalam deretan resep yang diberikan dokter. Dari sini mari kita coba telusuri asal mula dari obat antibiotik dan penemuannya. Pengertian Antibiotik Antibiotik adalah obat golongan senyawa baik alami atau sintetis yang dipakai untuk mencegah proses biokimia organisme terutama pada proses infeksi oleh bakteri, yang bisa diartikan menurut namanya yaitu obat untuk melawan suatu bentuk kehidupan penyebab penyakit (tumbuh kembangnya bakteri). berikut dibawah ini beberapa antibiotik yang sudah dipakai dalam dunia kedokteran : Antibiotik Penesilin kelompok antibiotika ß-laktam ya

Bingung? Tanya Veronika Asisten Virtual Dari Telkomsel

Popularitas asisten virtual chat melejit, kehadirannya diucap sanggup tingkatkan kecepatan layanan konsumen mendukung produktivitas serta membangun keakraban dengan pelanggan. Beberapa diantaranya seperti, veronika, Vira, Lenna, carik, siri, alexa, cortana dan google. Masa new normal telah di depan mata nih, teman tetesinfo. Waktunya mempersiapkan diri serta menyesuaikan diri dengan style hidup baru yang wajib diterapkan secara tertib dalam sebagian waktu ke depan. Salah satu yang sangat berarti merupakan mempraktikkan pola hidup bersih serta sehat yang berarti supaya kalian senantiasa beraktifitas serta bebas dari penyebaran virus. Kenapa Asisten Virtual Suara Perempuan ? Entah disadari atau tidak pengembang aplikasi online selalu "menjual" perempuan. Mengapa asisten virtual semacam pada Siri, Alexa, Google Assistant, ataupun Cortana, hingga Veronika dari Telkomsel, mengenakan suara wanita ya? Apakah mayoritas pengguna aplikasi merupakan lelaki? Biarpun menempuh gaya hidup

Proses Terjadinya Embun

Setitik air embun di atas daun-daun mungkin sudah sering kita melihat nya, bahkan sudah dijadikan hal yang lumrah terjadi di alam kita, namun tidak ada salahnya jika kita menggali lebih dalam penyebab serta proses dari terjadinya embun.   Selintas mungkin ada sebagian orang berpendapat bahwa embun sama dengan air hujan yang turun dari langit dan menempel pada tumbuhan yang selanjutnya kita sebut itu adalah embun, namun pada kenyataannya tidak seperti itu, untuk mengerti apakah itu embun sebenarnya, kita harus memahami dulu hal-hal yang berkaitan dengan udara di sekitar kita.