Skip to main content

Keunikan Flora Dan Fauna Nasional Indonesia

Disetiap belahan negara pasti mempunyai flora dan fauna yang khas yang bisa langsung mengidentifikasi suatu negara apabila salah satu nama tumbuhan atau hewan disebutkan, khusus artikel ini kita mengulas beberapa flora dan fauna yang menjadi identitas negara kita Indonesia. Dari sini bisa jadi kita tahu keunikan apa yang menjadikan tumbuhan dan hewan dianggap sebagai identitas daerah dan nasional adalah karena hewan atau tumbuhan tersebut memang endemik serta punya khas tersendiri bila dibanding daerah lain.

Flora yang menjadi identitas nasional indonesia yaitu :

Bunga Melati Putih (Jasminum Sambac).


Berdasarkan latar belakang negara indonesia yang mempunyai banyak pulau, suku bangsa, adat dan budaya. hampir setiap suku yang ada di indonesia memakai bunga melati putih sebagai bunga suci untuk sarat dalam ritualnya. melati mempunyai makna penting untuk kebudayaan lokal yaitu sebagai lambang kesucian, keanggunan yang sederhana, dan ketulusan. Melati putih ditetapkan menjadi salah satu dari bunga nasional Indonesia secara resmi melalui Undang-undang tahun 1990 dan melati putih juga ditetapkan sebagai bunga nasional oleh negara Filipina sejak tahun 1934 oleh Gubernur Jenderal Filipina Frank Murphy.

Anggrek Bulan (Phalaenopsis Amabilis)


Bunga kedua yang menjadi bunga Nasional Indonesia ialah Anggrek Bulan atau puspa pesona. Bunga ini tumbuh secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan dan tumbuh subur hingga 600 meter di atas permukaan laut.Pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume.
Tanaman anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia. bunga ini berakar serabut dan terdapat jaringan velamen pada akarnya yang berfungsi untuk menyerap air pada permukaan tubuh inangnya. Jaringan velamen tersebut juga berfungsi sebagai alat pernapasan. Pada bagian akar juga ditumbuhi jamur mycorrbiza yang hidup bersimbiosis dengan tanaman anggrek dan memiliki batang yang bersifat monopodial atau dapat tumbuh tinggi secara vertikal.

Bunga Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldii)

Bunga Nasional Indonesia yang ketiga ialah bunga puspa langka Rafflesia arnoldi. Bunga yang ditemukan pertama kali pada tahun 1818 di Bengkulu Sumatera suatu tempat dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan,merupakan tumbuhan parasit obligat yang memiliki bunga terbesar di dunia, bunga ini tidak mempunyai akar, tangkai dan daun sehingga tidak bisa berfotosintesis mendapatkan makanan dengan cara menghisap unsur anorganik dan organik pada tubuh inangnya, bunga ini memiliki lima helai mahkota mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong, dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga, Hewan penyerbuk adalah lalat. Bunga yang mekar akan bertahan sekitar 5-7 hari setalah itu layu dan mati, dikarenakan umurnya yang relatif singkat sehingga persentase penyerbukan sangatlah kecil dan jarangnya bunga jantan dan betina mekar dalam minggu yang sama, inilah yang menyebabkan bunga rafflesia menjadi langka.

Fauna yang menjadi identitas nasional indonesia

Komodo

Pulau Komodo yang luas sekitar 1.817 km², di wilayah konservasi ini hidup 2500 ekor komodo yang tersebar di beberapa tempat utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang. sebagai wilayah konservasi alam untuk binatang Komodo. Pada tahun 1986 Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai World Heritage Site (Situs Warisan Dunia) dan Man and Biosphere Reserve (Cagar Biosfer Dunia) oleh UNESCO.Binatang komodo memiliki panjang rata-rata 3 meter dan berat 90 kg, bisa berlari hingga kecepatan 20 km/h jarak pendek, penciuman yang tajam sampai jarak 9.5 km, bisa berupa liur yang penuh bakteri mematikan. Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia dikarenakan kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan yang hidup disuatu tempat atau pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, sehingga dengan tubuhnya yang besar komodo menduduki posisi puncak predator yang mendominasi ekosistem tersebut.Hewan ini secara alami hanya ditemukan di Pulau Komodo, NTT, Indonesia. Hidup di padang rumput kering yang terbuka, sabana dan hutan tropis sehingga hewan ini menjadi hewan Nasional Indonesia.

Ikan Siluk Merah

Ikan Siluk Merah atau  Ikan Arwana Merah menjadi satwa Nasional Indonesia yang kedua. Arwana Super Red atau Ikan Naga Dragon Fish yang dalam bahasa latinnya disebut Sclerophages formosus melalui Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional, ditetapkan sebagai satwa pesona Nasional Indonesia. Ikan Siluk Merah merupakan penghuni Sungai Kapuas di Kalimantan Barat yang disebut ikan asli Indonesia ini dianggap dapat membawa hoki dan mempunyai nilai jual yang tinggi sehingga populasinya menurun karena banyaknya perburuan dan tingkat kembang biaknya yang rendah, sehingga pada tahun 1975, arwana dilindungi oleh Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITIES). Menurut CITIES, ikan ini termasuk dalam kategori spesies langka.Sedangkan Di Indonesia perlindungan arwana diatur oleh Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian No 716/kpts/ um/10/1980, SK Direktorat Jenderal PHPA Np.07/ kpts/DJ-VI/1988 dan Instruksi Direktorat Jenderal Perikanan No.IK-250/ D.4.2955/83K yang boleh diperdagangkan hanya yang berasal dari budi daya dan merupakan generasi kedua dengan persyaratan ikan sudah disertifikasi dan ditanam microchip dalam tubuhnya sebagai penanda hasil budidaya.

Elang Jawa


Hewan yang menjadi identitas Nasional Indonesia ketiga adalah elang jawa
yang memiliki nama latin Nisaetus Bartelsi, yaitu salah satu dari spesies Elang yang memiliki ukuran tubuh sedang yang hidup di Pulau Jawa. Elang Jawa ini sering kali di anggap sebagai lambang negara kita, negara Republik Indonesia, yaitu Burung Garuda. Elang Jawa telah di tetapkan sebagai maskot satwa langka di Indonesia. Burung endemis pulau jawa ini dengan luas habitat yang kecil serta penangkapan untuk diperjual belikan membuat populasi burung ini merosot dan waspada punah, berdasarkan fakta yang miris akan populasinya, burung ini dilindungi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, serta diperkuat lewat Kepres No. 4/1993 Tentang Satwa dan Bunga Nasional. Jenis ini juga termasuk salah satu dari 14 satwa prioritas untuk diselamatkan berdasar SK Dirjen PHKA Nomor 132/2011.

Kita sebagai warga Negara Indonesia harus ikut menjaga, melestarikan Flora dan Fauna yang menjadi ciri khas bangsa ini, jangan sampai anak cucu kita tidak tahu dengan keberadaan hewan nasional kita dikarenakan  punah. semoga ada manfaat yang bisa dipetik dari artikel diatas meskipun masih banyak kekurangannya.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Jamur-jamur Penghasil Antibiotik

Sejak lama jamur dikenal sebagai sumber awal penghasil antibiotik alami. Makin hari penelitian terus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Antibiotoik seperti penisilin, streptomisin, dan kloramfenikol sekarang sudah lazim terdengar ditelinga kita, namun apakah kamu tahu antibiotik itu sebenarnya ? Karena hampir setiap berobat ke dokter atau rumah sakit pasti obat antibiotik ini selalu disertakan dalam deretan resep yang diberikan dokter. Dari sini mari kita coba telusuri asal mula dari obat antibiotik dan penemuannya. Pengertian Antibiotik Antibiotik adalah obat golongan senyawa baik alami atau sintetis yang dipakai untuk mencegah proses biokimia organisme terutama pada proses infeksi oleh bakteri, yang bisa diartikan menurut namanya yaitu obat untuk melawan suatu bentuk kehidupan penyebab penyakit (tumbuh kembangnya bakteri). berikut dibawah ini beberapa antibiotik yang sudah dipakai dalam dunia kedokteran : Antibiotik Penesilin kelompok antibiotika ß-laktam ya

Bingung? Tanya Veronika Asisten Virtual Dari Telkomsel

Popularitas asisten virtual chat melejit, kehadirannya diucap sanggup tingkatkan kecepatan layanan konsumen mendukung produktivitas serta membangun keakraban dengan pelanggan. Beberapa diantaranya seperti, veronika, Vira, Lenna, carik, siri, alexa, cortana dan google. Masa new normal telah di depan mata nih, teman tetesinfo. Waktunya mempersiapkan diri serta menyesuaikan diri dengan style hidup baru yang wajib diterapkan secara tertib dalam sebagian waktu ke depan. Salah satu yang sangat berarti merupakan mempraktikkan pola hidup bersih serta sehat yang berarti supaya kalian senantiasa beraktifitas serta bebas dari penyebaran virus. Kenapa Asisten Virtual Suara Perempuan ? Entah disadari atau tidak pengembang aplikasi online selalu "menjual" perempuan. Mengapa asisten virtual semacam pada Siri, Alexa, Google Assistant, ataupun Cortana, hingga Veronika dari Telkomsel, mengenakan suara wanita ya? Apakah mayoritas pengguna aplikasi merupakan lelaki? Biarpun menempuh gaya hidup

Proses Terjadinya Embun

Setitik air embun di atas daun-daun mungkin sudah sering kita melihat nya, bahkan sudah dijadikan hal yang lumrah terjadi di alam kita, namun tidak ada salahnya jika kita menggali lebih dalam penyebab serta proses dari terjadinya embun.   Selintas mungkin ada sebagian orang berpendapat bahwa embun sama dengan air hujan yang turun dari langit dan menempel pada tumbuhan yang selanjutnya kita sebut itu adalah embun, namun pada kenyataannya tidak seperti itu, untuk mengerti apakah itu embun sebenarnya, kita harus memahami dulu hal-hal yang berkaitan dengan udara di sekitar kita.